Pilih Bahasa
  • Indonesia
  • English
Semakin Unggul, Fakultas Teknik UHO Jalin Kerjasama dengan Microsoft Japan
Selasa, 12 December 2023

Semakin Unggul, Fakultas Teknik UHO Jalin Kerjasama dengan Microsoft Japan

SULTRALINE.ID, KENDARI – Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari semakin mengembangkan potensi. Terbaru dengan menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan di Jepang yaitu Microsoft Japan.

Dekan FT UHO Kendari, Dr. Ir. Edward Ngii dalam hal ini diwakili Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Adris A. Putra mengatakan kerjasama tersebut berfokus di bidang Information technology (IT).

“Ini juga sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara FT UHO Kendari dengan Japan World Business (JWB) yang telah berjalan selama kurang-lebih tiga tahun,” ujarnya.

Adris menjelaskan, atas kerjasama tersebut merupakan kesempatan baik untuk Fakultas Teknik khususnya Jurusan Teknik Informatika untuk memperluas kerjasama bagian IT.

“Karena belum ada kerjasama dengan Jepang itu Teknik Informatika dan Arsitektur yang juga mempelajari komputer. Jurusan lainnya sudah ada kerjasamanya dengan pihak Jepang,” kata Adris.

Lebih lanjut ia, dengan adanya kerjasama dengan Microsoft Japan  tentu akan membuka peluang bagi mahasiswa Teknik Informatika dan jurusan lain yang mempunyai mata kuliah berkaitan dengan komputer untuk melakukan Internship atau magang di Jepang.

Apalagi lanjut ia, dari pihak Microsoft Japan ini memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk program Internship atau magang di Jepang.

“Apalagi, Jepang dikenal dengan teknologinya yang sangat maju, sehingga para mahasiswa khususnya dari FT UHO bisa mempelajari teknologi dan nantinya saat kembali ke Indonesia bisa mengimplementasikan teknologi-teknologi tersebut untuk keperluan bangsa,” terangnya.

Ia menambahkan karena program Internship atau magang tersebut juga sejalan dengan program Kemenristek Dikti tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sehingga kata ia, ini  sebuah peluang yang bagus dimanfaatkan program dari Kementerian, sehingga nanti mahasiswa-mahasiswa khususnya dari Teknik Informatika bisa magang di Jepang.

“Program Internship Jepang itu dilakukan selama 1 tahun dan 1 tahun itu kita konferensi kuliahnya itu per semester 20 SKS. Selain Kita luluskan 40 SKS, Mahasiswa juga digaji di Jepang,” tukasnya.

Tempat sama, Wakil Dekan I FT UHO Kendari, Prof. Dr. Laode Muh Golok Jaya mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mempersiapkan mahasiswa untuk bisa mengikuti magang di luar negeri

Salah satunya dengan mempersiapkan bahasa asing, misalnya untuk belajar bahasa Inggris ada English corner, sementara untuk belajar basa Jepang pihaknya menjalin kerjasama dengan Kizuna.

“Jadi kita bekali lebih awal mereka (mahasiswa yang akan mengikuti magang ke luar negeri) kurang lebih 3-4 bulan sebelum keberangkatan. Jadi memang sudah disiapkan itu,” ungkapnya

Sementara itu, Overseas Department and Executive Manager JWB, Mr. Kenji Kondo menyampaikan bahwa sejauh ini mahasiswa yang melaksanakan magang di perusahaannya bekerja dengan baik dan sangat bersemangat untuk belajar.

“Mari kita anggap hubungan ini sebagai persaudaraan sehingga kerjasama ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia membeberkan, bahwa untuk bidang IT di Jepang saat ini masih kekurangan tenaga kerja sekitar 400 ribu orang dan bahkan pihaknya memperkirakan untuk tujuh tahun kedepan diperkirakan akan mengalami kekurangan tenaga kerja sekira 800 ribu orang.

“Jadi untuk menanggulangi masalah kekurangan tenaga kerja itu, saat ini kami mulai menyicil sedikit demi sedikit tenaga kerja agar nantinya kekurangan tersebut sudah bisa dikejar,” pungkasnya.

Editor: Irdwan Jeko

sumber : https://sultraline.id/semakin-unggul-fakultas-teknik-uho-jalin-kerjasama-dengan-microsoft-japan/

Bagikan ke
atau copy link ini