Sejarah & Tujuan

SEJARAH/PROFIL PRODI TEKNIK KELATAN 

   Program Studi Teknik Kelautan merupakan Program Studi dibawah Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) yang merupakan pengembangan dari peminatan/konsentrasi teknik keairan yang ada di jurusan Teknik Sipil, yang menggabungkan disiplin ilmu Teknik Sipil dan Hidrodinamika dalam bidang-bidangnya yang relevan.

   Program Studi Teknik Kelautan berdiri pada tanggal 25 April 2017 dengan Kode Program Studi 38202 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi nomor 228/KPT/I/2017.

  Program Studi Teknik Kelautan (Ocean Engineering) adalah salah satu bidang studi yang menitikberatkan pemahaman dalam perancangan dan analisis bangunan pantai (coastal portdock, etc) dan lepas pantai (offshore oil rigsubsea piping, etc).  

  Dengan dibukanya program Studi Teknik Kelautan tersebut diharapkan dapat menjembatani dan memfasilitasi kebutuhan penyediaan sumber daya manusia yang profesional dan unggul di bidang perancangan dan perencanaan struktur bangunan laut dan pantai di Sulawesi Tenggara, bahkan mampu memenuhi kebutuhan dalam skala nasional.

 

TUJUAN

1. Menghasilkan layanan pendidikan yang bermutu dan lulusan yang memiliki kemampuan akademik secara professional di bidang IPTEK kelautan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja. (T1)

2. Menghasilkan karya penelitian yang berguna bagi pengembangan Iptek, dan dapat memperkaya khasanah keilmuan bidang rekayasa kelautan. (T2)

3. Menghasilkan karya pengabdian berbasis riset untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, industri maritim dan menunjang pembangunan regional maupun nasional. (T3)

4. Melaksanakan tata pamong dan tata kelola dengan baik.  (T4)

5. Menghasilkan peningkatan prestasi mahasiswa dalam kegiatan kompetisi ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni dan budaya di tingkat nasional. (T5)

6. Mewujudkan lingkungan kampus yang berwawasan lingkungan, bersih, aman, dan nyaman (T6)