Sejarah & Tujuan

SEJARAH/PROFIL PRODI REKAYASA INFRASTRUKTUR LINGKUNGAN

Fakultas Teknik Universitas Haluoleo diawali dengan berdirinya Program Diploma Tiga Teknik Sipil Universitas Haluoleo pada tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Haluoleo Nomor 1699/b/SK24.H/Q/1993 dan secara definitive baru berdiri pada tanggal 9 Juli 1997 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Depdikbud RI) Nomor: 192/Dikti/Kep/1997.

 

Setelah Program Diploma Tiga Teknik Sipil Universitas Haluoleo disusul berdirinya Program Studi Diploma Tiga lainnya, yaitu Program Diploma Tiga Teknik Arsitektur berdiri pada tahun 1997 berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 193/Dikti/Kep/1997 tanggal 9 Juli 1997 dan Program Diploma Tiga Teknik Mesin dan Teknik Elektro berdiri pada tahun 1998 berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 344/Dikti/Kep/1998 tanggal 23 September 1998.

 

Sejak tahun 1999 Program Diploma Tiga Teknik melalui Rektor Universitas Haluoleo telah melakukan upaya kearah terbentuknya Fakultas Teknik Universitas Haluoleo, namun upaya tersebut berwujud pada berdirinya Program Studi S1 Teknik Sipil pada tahun 2001 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Nasional Republik Indonesia (Dirjen Dikti Diknas RI) Nomor 102/DIKTI/Kep/2001 tanggal 16 April 2001 yang disusul dengan keluarnya izin penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Arsitektur berdasarkan SK Dirjen Dikti Diknas RI Nomor 3948/D/T/2001 tanggal 28 Desember 2001 . Kemudian pada tanggal 22 Juni 2007 keluar izin penyelenggaraan program studi S.1 Teknik Mesin, S.1 Teknik Elektro dan S.1 Teknik Perangkat Lunak berdasarkan surat Dirjen Dikti Diknas RI Nomor 1502/D/T/2007.

Seiring dengan perjalanan waktu, saat ini Fakultas Teknik telah memiliki 5 Jurusan, yaitu :

  • Jurusan Teknik Mesin
  • Jurusan Teknik Elektro
  • Jurusan Teknik Sipil
  • Jurusan Teknik Arsitektur
  • Jurusan Teknik Informatika

 

Tahun 2017 bertambah dua Program studi baru, yaitu :

  • Teknik Kelautan
  • Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan

 

Program  Studi  S1 Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan  (S1-RIL)  Fakultas  Teknik  Universitas Halu Oleo (UHO) didirikan pada tahun 2017. Dasar pendirian Program Studi S1-RIL  Fakultas  Teknik  Universitas Halu Oleo adalah Surat Keputusan Dikti nomor 228/KPT/I/2017.

 

Program S1 Studi Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan  Fakultas  Teknik  Universitas Halu Oleo mengemban amanah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global dan diharapkan mampu menjawab persoalan yang terjadi pada bidang infrastruktur dan lingkungan  seperti air bersih, pengelolaan limbah, sanitasi, persampahan dan juga dampak perubahan iklim. Untuk itu prodi S1-RIL telah menetapkan Visi Misi Tujuan Sasaran berdasarkan kebutuhan dan kondisi daerah Sulawesi Tenggara. Oleh karena itu diharapkan nantinya prodi S1-RIL  mampu mencetak lulusan yang mendukung pembangunan di Sulawesi Tenggara.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI RIL:

  1. Menghasilkan lulusan  yang mempunyai pengetahuan dasar dan keterampilan yang cukup, beretika sebagai seorang sarjana Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, sehingga memiliki daya saing tinggi dalam  bidang  Rekayasa Infrastruktur  dan lingkungan. 
  2. Meningkatnya kegiatan penelitian yang  bertujuan publikasi ilmiah terakreditasi nasional dan internasional
  3. Meningkatnya peran serta civitas academia dalam pengabdian kepada masyarakat terkait pengembangan infrastruktur berwawasan lingkungan.
  4. Terlaksananya  kegiatan akademik yang mengacu sistem penjaminan mutu yang telah ditetapkan.
  5. Tercapainya peningkatan prestasi mahasiswa dalam keikutsertaan mahasiswa dalam setiap kompetisi.