08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
Alumni Ceritified
MTA ; BNSP
Alumni TOEFL
400
Akreditasi
5 Department "B"
Kontak Kami

Berita

Publikasi / Berita

Socio Technopreneur Campus (STC) adalah festival inventor dan investor yang digagas oleh Kementerian Investasi/BKPM dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dengan mengundang keterlibatan jaringan usahawan/startup binaan perguruan tinggi di Indonesia.

Pada STC kali ini, Universitas Halu Oleo mengirimkan 5 tim usaha/startup namun hanya 3 tim usaha/startup yang lolos seleksi tahap 1. Seleksi tahap pertama dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. 1 dari 3 tim usaha/startup tersebut adalah perwakilan dari Fakultas Teknik yang terdiri dari Muh. Farhan Saputra, Abdullah Al Hayad dan Muhammad Faza Almaliki yang dibimbing oleh Ibu Isnawati, S.Sc, M.T. dengan usaha/startup Saklola yaitu sebuah platform digital jasa pengangkutan dan jual beli sampah yang memberdayakan pemulung.


Setelah seleksi tahap pertama, 3 tim usaha/startup tersebut akan menjalani fasilitasi berbasis digital dan knowledge transfer berbasis digital yang berlangsung setiap hari senin sampai jumat selama 2 bulan lebih yang dimulai pada akhir bulan Agustus dan berakhir sampai akhir bulan Oktober. Kemudian pada tgl 2-3 November 2021, dilaksanakan seleksi tahap 2 (final) yang masih berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom. Pada sesi tahap 2 ini setiap peserta diberikan waktu maksimal 10 menit untuk mempresentasikan progress usaha/startup masing-masing yang sesuai dengan fasilitasi dan knowledge transfer berbasis digital yang diberikan. Setelah presentasi, peserta diberikan pertanyaan oleh dewan juri mengenai usaha/startup mereka. Dewan Juri pada lomba ini yaitu Bapak Lala M. Kolopaking, Bapak Prof. Didin S. Damanhuri, Ibu Aghnia Banat dan Bapak M. Pradana Indraputra.

Pengumuman pemenang diadakan pada closing ceremony STC pada 19/11 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski. Acara closing ceremony ini dihadiri 3 Menteri yaitu Menteri Investasi yaitu Bapak Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan yaitu Bapak Muhammad Lutfi dan Menteri BUMN yaitu Bapak Erick Thohir yang juga memberikan keynote speech. Selain 3 Menteri acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yaitu Bapak Mardani H. Maming dan Presiden Komisaris SEA Group Indonesia yaitu Bapak Pandu Satria Sjahrir.

Dari seluruh peserta akan dipilih 5 juara terbaik dan 3 juara harapan. Dari 3 perwakilan Universitas Halu Oleo tersebut, Tim Saklola dari Fakultas Teknik menempati urutan juara ke-4.