08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
Alumni Ceritified
MTA ; BNSP
Alumni TOEFL
400
Akreditasi
5 Department "B"
Kontak Kami

Berita

Publikasi / Berita

Pelaksanaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan pada Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia, dalam hal pengembangan inovasi teknologi kemaritiman guna ikut andil dalam ide untuk mengatasi pendemi Covid 19 yang sekarang ini sedang melanda dunia, kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari bidang-bidang ilmu terkait guna memberikan subangsih pemikiranya dibidang penanganan pendemi dilihat dari prespektif teknologi kemaritiman dan perkapalan. Pada tahun 2020 event ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan yang menempatkan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai Host. Terdapat 3 kategori yang akan diperlombakan yaitu Lomba Desain dan Re-Desain Layout Akomodasi Penumpang Kapal, Lomba Kontes Model Kapal ASV, ERC, FERC dan Poster, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. 

Sebelum mengumpulkan desain yang telah rampung dan laporan hasil desain maka dilaksanakan workshop online yang diwakili oleh Tim Anoa Horn Boat yang merupakan bimbingan dari Dr. Eng. Sudarsono,ST.,M.Eng dengan pemateri yang berasal dari Politeknik Ujung Pandang yakni bapak Imran Habriansyah, S.ST., MT dan Faturrahman Fauzi, S.ST. Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) UHO diketuai oleh Muhammad Dzulhijjah, La Ode Lukman Hakim dan Samidun sebagai anggota yang masing - masing berasal dari Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. Workshop dilakukan selama 3 hari yang mana pada hari pertama membahas garis - garis besar KKCTBN 2020, di hari kedua membahas mengenai desain sistem mekanik menggunakan software Autodesk Inventor dan hari ketiga membahas tentang sistem kendali otomatis, perhitungan kestabilan kapal, perhitungan power serta perbaikan desain sistem mekanik dan presentase mengenai hasil yang telah dilakukan selama 3 hari.

Dihbungi setelah pelaksanaan workshop ini, WD 3 Fakultas Teknik,  Dr. Eng. Sudarsono,ST.,M.Eng mwngharapkan melalui workshop ini dapat menambah wawasan baru mengenai sistem mekanik kapal serta sistem kendali kapal yang membantu dalam merampungkan desain dan pembuatan laporan hasil desain yang telah usai dikerjakan. 

"Harapan dari Tim Anoa Horn Bot untuk kedepannya kegiatan workshop ini tidak lagi dilakukan secara online tetapi harus dilakukan secara tatap muka serta adanya studi langsung yang dilakukan ke Universitas yang sudah mandiri dalam hal mengenai KKCTBN ini" ujar Sudarsono