08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
Alumni Ceritified
MTA ; BNSP
Alumni TOEFL
400
Akreditasi
5 Department "B"
Kontak Kami

Berita

Publikasi / Berita

Kontes Robot Indonesia (KRI) kembali diadakan di tahun ini (2020) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 telah memasuki tahun ke-18 sejak pertama kali diadakan. Kontes Robot Indoensia (KRI) kali ini dilaksanakan secara daring karena wabah covid-19, sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksakan secara langsung. Dalam pelaksanaannya Kontes Robot Indonesia terbagi menjadi 5 bidang lomba yaitu:

1.     Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI),

2.     Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda,

3.     Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid,

4.     Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI),

5.     Kontes Robot Tematik Indoensia (KRTMI).

Pada kesempatan ini Universitas Halu Oleo mengirimkan dua tim dengan dua bidang lomba yang berbeda yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang diwakili oleh Tim Elektrobot.  Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) UHO diketuai oleh Al Muzamil serta Azhar Patangga, Edwin Setiawan, Reynal Ardiansyah, dan Farhan Rizqy sebagai anggota yang masing-masing berasal dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo di bawah bimbinimbingan Ibu Hasmina Tari Mokui, P.hd. Dalam proses seleksi KRTMI dibagi menjadi dua regional, yaitu regional 1 dan regional 2. Untuk Tim Elektrobot mendapat regional 2 untuk mengikuti seleksi yang meliputi bagian Indonesia Timur. Tim Elektrobot sudah beberapa kali mengikuti kontes robot sejak 2018. Dan ditahun 2019 Tim Elektrobot berhasil meraih peringkat 9 dari 40 universitas yang berpartisipasi secara nasional.

Setelah berhasil melewati seleksi proposal pada tahap pertama, dan tahap seleksi kedua yaitu pemeriksaan kualitas arena dan kesiapan tim. Pada seleksi kedua ini lomba dilaksanakan secara daring. Tantangan yang cukup sulit ialah para anggota tim harus melakukan setting arena secara mandiri yang biasanya di setting oleh panitia pelaksana dan juga mempersiapkan alat bantu untuk menunjang pelaksanaan lomba secara daring 

Sedangkan pada lomba Kontes Robot Tematik Indoensia (KRTMI) Tim Elektrobot berhasil menciptakan robot yang berfungsi untuk memindahkkan pasien dari tempat tidur satu ke tempat tidur lain untuk mengurangi interakasi antara pasien dan perawat. Berbeda dengan KRPAI, kontes robot tematik ini tidak diseleksi berdasarkan wilayah seperti KRPAI. Pada tahap seleksi pertama setiap peserta mengirim proposal lomba dan ditahap seleksi ke dua masing-masing peserta menampilkan desaain dan simulasi penggunaan robot yang dibuat. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) UHO ini diketuai oleh Surya Aditya, Maya dan Safarudin yang masing-masing adalah mahasiswa Teknik Elektro UHO di bawah bimbingan Bapak Feliks Eldad Larobi, ST., MT. Untuk bidang lomba KRTMI sendiri sudah pernah diikuti sebelumnya pada tahun 2019 dengan jenis terapan dibidang pertanian yang berfungsi untuk mencabut rumbut dan memanen padi.

Al Muzamil selaku ketua TIM KRPAI mengatakan dengan adanya kompetisi robot ini diharapkan bisa meningkatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi baru dalam mengembangkan teknologi terutama di bidang robot, yang tidak hanya sekadar diperlombakan tetapi juga dapat dimanfaatkan dalam mempermudah pekerjaan manusia. 

"Harapannya sih Tim Elektrobot mampu melewati setiap tahapan seleksi dan mendapat juara nasional" ujar Muzamil