08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
08156888189 - admin teknik@uho.ac.id Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 93132
Alumni Ceritified
MTA ; BNSP
Alumni TOEFL
400
Akreditasi
5 Department "B"
Kontak Kami

Berita

Publikasi / Berita

Jurusan Teknik Elektro FT UHO baru saja mengikuti Seminar Nasional Teknik Elektro (SNTE) X tahun 2019 dan Temu Nasional FORTEI 2019 dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Padang pada tanggal 4 – 5 September 2019. Kegiatan ini  merupakan forum bagi para pendidik, peneliti, akademisi, dan praktisi untuk mempresentasikan hasil penelitian ataupun ide mereka serta dapat dimanfaatkan sebagai platform untuk membangun atau mengembangkan hubungan kerjasama antara peserta. Selain presentasi makalah seminar, panitia Seminar Nasional Teknik Elektro (SNTE) X tahun 2019 juga mengundang beberapa keynote speakers yang berkaitan dengan keilmuwan dalam bidang Teknik Elektro. Sementara itu Temu Nasional FORTEI 2019 menjadi  wadah diskusi para pengambil kebijakan dan pakar di bidang teknik elektro untuk merumuskan kompetensi lulusan teknik elektro yang sesuai dengan tuntutan era industri 4.0.


SNTE-X dan Temu Nasioanal FORTEI dilatarbelakangi oleh kebutuhan dunia terhadap energi terutama energi listrik terus meningkat seiring makin tingginya jumlah penduduk, meningkatnya kebutuhan hidup, berkembangnya industri dan sebagainya. Di Indonesia pertumbuhan konsumsi energi 8,1% per tahun sedangkan pertumbuhan sumber energi listrik rata-rata 5.2% per tahun (Sumber: RUPTL 2016). Disisi lain ketergantungan terhadap energi fosil masih tinggi yaitu 95,4% dengan cadangan energi yang semakin menipis, ditambah pengaruh negatif terhadap lingkungan akibat pemakaiannya. Pemanfaatan sumber energi baru yang ramah lingkungan dengan jumlah yang melimpah diharapkan salah satu solusi untuk mengatasi ketergantungan terhadap energi fosil.

Peserta Kegiatan Seminar Nasional Teknik Elektro dan Temu Nasional FORTEI XIII Tahun 2019 sekitar 300 orang yang terdiri dari Dosen Jurusan/Departemen Teknik Elektro Seluruh Indonesia, Lembaga dan instansi pemerintah terkait serta praktisi dan Elemen Masyarakat Bidang Teknik Elektro Seluruh Indonesia. Jurusan Teknik Elektor FT UHO dalam hal ini diwakili oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro, Luther Pagiling,ST.,MT.

"Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini direncanakan regulasi bersama studi exchange dengan universitas terbesar (UI,ITB,UGM,ITS,UNHAS). Kegiatan ini memberikan kesempatan mahasiswa UHO untuk kuliah selama satu semester pada salah satu perguruan tinggi tersebut. Selain itu pada Bulan Februari 2020 Jurusan Teknik Elektro akan menghadiri Temu Karya Regional Sulawesi yang diikuti Jurusan Teknik Elektro se Sulawesi, dan pada Bulan Oktober 2020 akan Mengikuti Munas FORTEI di Bandung" tutur Luther